Perbaiki Shalatmu

Perbaiki Shalatmu



Imam Ibnu Qayyim mengatakan ada dua waktu ketika kita menghadap Allah, ketika shalat dan ketika di akhirat.

Merugilah orang yang menghadap Allah dengan memikul dosa ketika di dunia, maka dari itu bertaubatlah dari dosa yang lalu dan beribadahlah serta memohonlah kepada-Nya untuk tetap istiqomah dalam melakukan kebaikan.

Yauma yaquumunnasu lirabbil ‘aalamin. Kita nanti akan mengantri selama lima puluh ribu tahun di padang ma’sar dengan keadaan matahari sejengkal di atas kepala. Dan itu akan terasa sangat lama bagi manusia ketika di dunia tidak beribadah menyembah Allah. Yang mana sehari di akhirat sama dengan seribu tahun di dunia.

Akan tetapi bagi manusi yang beriman akan Allah mudahkan. Dia akan menghadap Allah dengan cepat, lima puluh ribu tahun akan terasa seperti shalat dua rakaat.

Imam Ibnu Qayyim mengatakan barangsiapa yang ingin bertemu khusus dengan Allah dalam keadaan wajah yang berseri, disambut para Malaikat, dihormati sebagai utusan yang terhormat, hendaklah perbaiki shalatnya.

Agar sempurna menghadap Allah.

Dalam suatu riwayat dikatakan, kalau ada masalah dan kesulitan dalam keluarga, kehidupan dan urusannya, maka perintahkanlah keluarganya untuk memperbaiki shalat. Karena shalatlah yang akan memperbaiki masalahnya, dan Allah langsung yang akan memperbaikinya.

Sehingga hidup menjadi berkah, hatipun tenang.

Kalau kita tidak sujud menghadap Allah, tidak shalat, tidak pula ibadah, maka tidak bergunalah harta dunia yang sudah kita cari susah payah. Sebab, harta tidak akan menyelamatkan namun akan ditanyai pertanggungjawabannya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar